Mengapa Kusen, Pintu dan Jendela Aluminium?

Mengapa Kusen, Pintu dan Jendela Aluminium?

 

Pada masa lalu, hampir di seluruh belahan dunia menggunakan kayu sebagai material utama kusen, pintu dan jendela. Kayu merupakan material serbaguna yang kokoh, tahan lama, mudah dibentuk, serta memiliki motif yang indah. Namun seiring berjalannya waktu berbagai permasalahan jangka panjang maupun jangka pendek pun bermunculan dan menjadi masalah sehari-hari. Mulai dari permasalahan rayap, kualitas kayu menurun, harga kayu yang terus meningkat, hingga penebangan pohon secara berlebihan yang mengakibatkan berkurangnya pepohonan, yang vital untuk menunjang keberlanjutan hayati (sustainability).

Berbagai material pun digunakan untuk menggantikan peran penting kayu seperti baja ringan untuk struktur atap, pintu besi/baja untuk emergency exit door, serta aluminium untuk kusen, pintu dan jendela. Aluminium adalah salah satu dari sekian banyak alternatif kusen, pintu dan jendela pengganti kayu yang paling cocok dan cukup ramah lingkungan karena dapat didaur ulang. Aluminium memiliki sifat yang sangat ringan, tahan karat, tahan air, tahan api, kuat menghadapi perubahan cuaca, dan salah satu yang terpenting sebagai pengganti kayu adalah anti rayap.

Pada masa sekarang kusen, pintu dan jendela aluminium di Indonesia tidak terbatas kepada warna asli aluminium (silver) tetapi sudah dapat diberikan pewarnaan. Ada 2 teknik pewarnaan aluminium yaitu anodizing dan powder coating.  Teknik powder coating sendiri memiliki ragam warna yang cukup banyak, mulai dari putih, hitam, cokelat, hingga motif urat kayu. Anda dapat melihat beberapa contoh tipe fabrikasi dan variasi warna selengkapnya di Galeri proyek kami.

Tagged , , , , , , , , , , , , , .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *