Apa yang Mempengaruhi Harga Kusen Aluminium? (Bagian 1)

Apa yang Mempengaruhi Harga Kusen Aluminium?

Harga kusen aluminium sangat beragam tergantung dari merk & ketebalan profil, ukuran & jenis kusen, finishing & warna, dimana akan kami jabarkan satu per satu perbedaannya.

Faktor I: Merk & Ketebalan Profil Aluminium
Merk & ketebalan profil yang digunakan sangat mempengaruhi kekuatan dan keawetan dari kusen aluminium. Dengan bentuk profil yang sama namun beda ketebalannya, hal ini akan mempengaruhi harga kusen aluminium per meter. Berdasarkan standar ISO (The International Organization for Standardization) ketebalan standard kusen aluminium adalah 1 mm untuk mendapatkan kekuatan yang baik namun tidak menjadi pemborosan material. Berikut contoh hitung-hitungannya:

Kusen aluminium dengan ketebalan 1 mm memiliki berat jenis 0,529 kg/m, sehingga berat 1 batang kusen 6 meter adalah 6 m x 0,529 kg/m = 3,174 kg. Sekarang mari kita bandingkan dengan kusen banci di pasaran dengan ketebalan yang kurang dari 1 mm.Kusen aluminium dengan ketebalan 0,7 mm memiliki pengurangan berat sebesar 30% dari barang yang seharusnya, serta hal ini turut mempengaruhi penurunan kualitasnya sebesar 30%, tetapi harganya pun akan ikut turun sebesar kurang lebih 30%. Namun apakah penurunan kekuatan dan kualitas sebanding dengan kualitasnya?

Kita bisa membayangkannya dengan membandingkan dengan tubuh kita sendiri. Bagaimanakan pengaruhnya terhadap tubuh manusia jika volume tulang & otot kaki kita berkurang 30% sementara volume tubuh bagian atas kita tetap sama? Apakah kita masih sanggup berlari dengan kecepatan kita pada normalnya? Apakah kaki kita bahkan mampu menopang berat tubuh kita?

Kusen pintu dan jendela harus cukup kuat untuk menopang berat pintu karena engsel yang terpasang pada kusen. Kusen kaca mati harus mampu menahan beban total dari kaca yang terpasang di tengahnya.

Tagged , , , , , .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *